Jumat, Mei 30, 2008

13 Forum Pilihan

Hampir semua pelaku bisnis online setuju bahwa bergabung dengan forum-forum online yang sesuai dengan minat dan pilihan bisnis Anda akan memberikan keuntungan berlipat ganda. Para praktisi SEO pun sepakat dan selalu menyertakan nilai lebih forum online sebagai bagian dari Off-Page SEO.

Bergabung dengan forum online sendiri setidaknya memiliki 4 manfaat: (1) Anda memiliki komunitas mastermind yang akan selalu mendukung minat dan niche bisnis online yang Anda jalankan; (2) Anda bisa berinteraksi dan saling bertukar informasi terbaru seputar bisnis online dengan anggota forum yang lain; (3) Anda bisa mempromosikan blog Anda; dan (4) Anda bisa mendapatkan link situs-situs forum yang kebanyakan memiliki Page Rank (PR) cukup tinggi (tentu saja ini hanya berlaku jika forum tersebut mengizinkan Anda menyertakan signature link blog Anda. Jika tidak diperbolehkan menyertakan signature, jangan sekali-sekali melanggarnya. Saran saya, baca terlebih dahulu Forum Rules setiap forum yang ingin Anda ikuti).

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda bergabung dengan forum-forum yang sesuai minat dan pilihan niche bisnis online Anda? Jika belum, tidak ada salahnya memulai sekarang juga untuk bergabung dengan forum-forum tentang dunia blogging dan make money from blog.

Dibawah ini adalah 13 forum pilihan yang barangkali bermanfaat bagi Anda untuk mendapatkan informasi up to date tentang dunia blogging dan make money online.

13 Forum Pilihan: Blogging dan Make Money from Blog:

Forum Berbahasa Inggris:
1. Digital Point Forum (PR 6) - Forum tentang bisnis online dengan berbagai sub-forum
2. Warrior Forum (PR 5) - Forum tentang bisnis online dengan berbagai sub-forum
3. ClickBank Success Forum (PR 3) - Forum khusus tentang program affiliasi ClickBank
4. Site Point Forum (PR 7) - Forum tentang bisnis online dengan berbagai sub-forum
5. Internet Marketing for Newbies Forum (PR 3) - Forum tentang bisnis online (pemula)
6. Get Paid Forum - Forum khusus tentang Paid to Click, Paid to Review, Paid to Read
7. Web Master World Forum (PR 6) - Forum web master dengan berbagai sub-forum
8. 5 Star Affiliate Programs Forum (PR 4) - Forum khusus tentang program affiliasi
9. Online Money Forum (PR 2) - Forum tentang bisnis online dengan berbagai sub-forum
10. Adsense Chat Forum (PR 4) - Forum khusus tentang Google Adsense

Forum Berbahasa Indonesia:
1. Adsense-Id (PR 4) - Forum tentang bisnis online dengan berbagai sub-forum
2. Adsense-Sby (PR 2) - Forum tentang bisnis online dengan berbagai sub-forum
3. Jumatan (PR 5) - Forum tentang bisnis online dengan berbagai sub-forum

Tentu saja Anda tidak perlu bergabung dengan semua forum diatas jika memang tidak sesuai dengan pilihan bisnis online yang sedang Anda jalankan sekarang. Namun jika Anda merasa salah satu (atau dua) forum diatas sesuai dengan minat Anda, tidak ada salahnya untuk mendaftar sebagai anggota.

Jika Anda memiliki informasi forum-forum tentang dunia blogging dan make money online (terutama forum berbahasa Indonesia yang sepertinya masih sangat terbatas jumlahnya), saya yakin pasti akan sangat bermanfaat bagi yang lain jika Anda mau berbagi informasinya disini.

Selamat mendaftar. :) Semoga bermanfaat.