Jumat, Mei 30, 2008

Bagaimana Trik Masuk 8 Berita Terbaik di Lintas Berita?

Selama ini saya masih angin-anginan memanfaatkan Lintas Berita. Prestasi paling baik hingga hari ini hanyalah beberapa artikel dari blog ini yang sempat mendapatkan 40-an vote dari pembaca Lintas Berita. Selebihnya tidak ada yang bisa dibanggakan. Alhasil, traffic yang mengalir dari Lintas Berita, meskipun cukup lumayan, belum bisa dibilang luar biasa.

Tiga hari yang lalu, tepatnya hari Jumat, saya memutuskan untuk mencoba sebuah eksperimen dengan Lintas Berita. Tujuannya satu: bagaimana agar artikel saya bisa masuk 8 Berita Terbaik di Lintas Berita. Sekedar informasi, 8 Berita Terbaik adalah daftar 8 artikel yang mendapatkan vote paling banyak dari pembaca Lintas Berita. Rata-rata setiap artikel yang masuk daftar 8 Berita Terbaik mendapatkan ratusan bahkan ribuan vote pembaca.

Hal pertama yang saya lakukan dengan eksperimen ini adalah menulis sebuah artikel baru (tentu saja). Secara sengaja, saya tidak menulis artikel asli, melainkan sekedar menerjemahkan sebuah artikel asing dengan isi yang saya anggap cukup bagus dan bermanfaat. Sebuah artikel pilar. Setelah selesai, saya mem-post artikel tersebut di blog ini dengan judul "10 Tips Mudah Menarik Pembaca Blog Anda". Langkah berikutnya, saya men-submit artikel tersebut ke Lintas Berita dengan sedikit mengubah judul artikel. Selesai.

Hasilnya? Mengagetkan. Luar biasa. Setidaknya buat saya.

Hingga artikel ini saya tulis, artikel terjemahan tersebut telah mendapatkan 444 vote pembaca, 24 komentar, dan nangkring di urutan keempat dari 8 Berita Terbaik Lintas Berita hari ini (urutan pertama dengan 617 vote, kedua 596 vote, ketiga 466 vote). Jujur saja, saya sama sekali tidak menyangka bahwa artikel tersebut bisa mendapatkan begitu banyak vote pembaca Lintas Berita. Padahal, jika disimak baik-baik, isi artikel tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang sama sekali baru. Bermanfaat? Tentu. Namun, sekali lagi, tidak amat sangat istimewa.

Lalu bagaimana trik yang saya lakukan agar artikel terjemahan tersebut bisa masuk 8 Berita Terbaik dengan 444 vote (dan masih terus bertambah hingga hari ini)?

Berikut adalah beberapa trik sederhana yang merupakan lesson learnt berharga tentang bagaimana memanfaatkan media social bookmarking sebagai sarana promosi blog dan meningkatkan traffic blog Anda.

1. Judul Artikel Adalah Segalanya
Ya, di situs social bookmarking seperti Lintas Berita (sama halnya dengan Digg), judul yang sangat menggoda adalah kuncinya. Pembaca situs-situs social bookmarking hanya ingin membaca artikel yang benar-benar menarik. Dan untuk menarik perhatian pada pandangan pertama, tidak ada pilihan lain, judul artikel yang eye catching adalah sebuah keharusan. Dalam eksperimen yang saya lakukan, saya sengaja mengubah judul artikel saya agar lebih "memaksa" orang untuk membaca. Judul asli artikel saya adalah: "10 Tips Mudah Menarik Pembaca Blog Anda". Judul baru artikel tersebut adalah: "10 Tips Mudah dan Terbukti Bagaimana Menarik Pembaca Blog Anda". Saya menambahkan dua kata yakni "terbukti" dan "bagaimana" pada judul baru artikel tersebut. Triknya adalah: saya memanfaatkan tips dari Joe Vitale (penggagas hypnotic writing) untuk membuat judul dengan pilihan kata-kata yang menghipnotis. "Mudah" dan "terbukti" adalah dua contoh kata yang menghipnotis. Kata-kata lain yang menghipnotis dan bisa Anda gunakan dalam judul artikel adalah: teruji, fantastis, gratis, pertama, dijamin, terbatas, mencengangkan, sukses, super, spesial, revolusioner, jitu, fenomenal, unik, segera, baru, terobosan, indah, memperkenalkan, cara, bagaimana, ampuh, mengungkap, dan luar biasa. Mau mencoba menulis judul dengan kata-kata menghipnotis ini? Saya sudah membuktikannya. :)

2. Konten Yang Memberikan Manfaat Maksimal
Content is always the King. Apa mau dikata, begitulah kenyataannya. Konten artikel yang bermanfaat, bernilai guna dan dibutuhkan banyak orang tetap menjadi kunci dibaca atau tidaknya blog Anda. Dalam eksperimen yang saya lakukan, saya menerjemahkan sendiri sebuah artikel dari Yaro Starak tentang bagaimana menarik pembaca blog Anda. Artikel tersebut berjenis artikel pilar, dengan tips-tips praktis yang bisa dipraktekkan secara langsung oleh pembacanya. Ringkas kata, artikel tersebut memiliki nilai manfaat yang tinggi. Saya sangsi apakah saya akan mendapatkan vote dari pembaca Lintas Berita seandainya artikel yang saya submit adalah artikel asal-asalan yang tidak memberikan manfaat apapun, meskipun dengan judul yang sangat menggoda. Jadi, pastikan Anda tetap memberikan nilai lebih dengan artikel yang Anda submit ke Lintas Berita.

3. Submit Sendiri Artikel Anda
Jujur saja, saya jarang men-submit sendiri artikel-artikel yang ada di blog ini ke Lintas Berita. Beberapa artikel terdahulu yang sempat mendapatkan 40-an vote pembaca Lintas Berita misalnya, di-submit oleh pembaca Blogguebo. Dalam eksperimen yang saya lakukan, saya sengaja men-submit sendiri artikel tersebut. Saya tidak menunggu orang lain untuk melakukannya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil seperti yang saya dapatkan, saran saya, jangan pernah lupa untuk segera men-submit artikel Anda ke Lintas Berita, begitu Anda selesai mem-post artikel baru di blog Anda. Tidak ada ruginya sama sekali kok. :)

4. Pilih Kategori Lokal
Memilih kategori adalah salah satu trik sederhana yang jarang mendapat perhatian mereka yang ingin masuk 8 Berita Terbaik Lintas Berita. Dahulu, saya pun mengabaikannya. Namun jika Anda ingin mendapatkan banyak perhatian pembaca Lintas Berita, cobalah pilih kategori Lokal. Tapi artikel yang saya tulis tentang blog? Benar. Artikel saya juga. Dahulu saya biasa memilih Teknologi dan Bisnis sebagai pilihan kategori ketika men-submit artikel tentang blog ke Lintas Berita. Hasilnya? Hanya 20-30 orang yang memberikan vote. Ketika saya coba memilih kategori Lokal, hasilnya luar biasa: 444 vote. Alasan dibalik ini barangkali karena lebih banyak orang yang membaca artikel-artikel dalam kategori Lokal ketimbang kategori Teknologi dan Bisnis. Jadi, jangan takut memilih kategori Lokal meskipun artikel Anda tentang blog.

5. Masukkan Artikel Anda Pada Jam-Jam Sibuk Online
Jam berapakah jam-jam sibuk online tersebut? Hemat saya sekitar jam 12 siang sampai jam 4 sore. Pagi hari, biasanya orang disibukkan dengan pekerjaan kantor yang membutuhkan konsentrasi ekstra. Menjelang istirahat siang hingga sore hari, biasanya orang lebih banyak punya waktu untuk browsing dan membaca berita online. Dalam eksperimen yang saya lakukan, saya men-submit artikel pada jam 3 sore. Hasilnya? Banyak orang yang saat itu online segera membaca artikel tersebut dan memberikan vote.

6. Manfaatkan Widget Lintas Berita di Blog Anda
Sederhana tapi krusial. Sudahkah Anda memasang widget vote Lintas Berita di blog Anda? Jika belum, sekaranglah saatnya Anda memanfaatkan widget Lintas Berita untuk meningkatkan traffic ke blog Anda. Dahulu, saya juga tidak memasang widget Lintas Berita di blog ini. Alih-alih, saya memasang widget Digg, situs social bookmarking asing yang memang sudah begitu terkenal dan juga banyak dimanfaatkan oleh para blogger Indonesia. Saya baru memasang widget Lintas Berita setelah menyadari bahwa blog ini memiliki konten bahasa Indonesia dan pembaca yang juga berbahasa Indonesia. Dengan memasang widget Lintas Berita di blog Anda, Anda memudahkan pembaca blog Anda untuk men-submit dan men-vote artikel di blog Anda. Jadi, jangan tunda-tunda lagi, segera manfaatkan widget Lintas Berita di blog Anda. Gratis kok. :)

7. Dorong Pembaca Blog Anda Untuk Memberikan Vote
Ya, mintalah jika Anda ingin mendapatkan. Hukum ini berlaku juga jika Anda ingin mendapatkan vote untuk artikel Anda di Lintas Berita. Dorong pembaca blog Anda untuk memberikan vote bagi artikel Anda. Caranya? Anda bisa menuliskan satu kalimat pendek di akhir setiap artikel yang Anda tulis untuk mendorong pembaca blog Anda memberikan vote di Lintas Berita. Misalnya: "Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, jangan lupa vote melalui widget Lintas Berita di bawah ini." Atau, seperti yang saya lakukan, Anda bisa memanfaatkan layanan situs social media semacam Twitter untuk mendorong pembaca blog Anda agar memberikan vote. Yang utama adalah, jangan segan-segan meminta jika Anda ingin mendapatkan. Jika Anda tidak mendorong pembaca blog Anda untuk memberikan vote, pembaca blog Anda tidak akan tahu apa yang Anda inginkan. Jadi, dorong pembaca blog Anda untuk memberikan vote.

Itulah barangkali trik-trik sederhana yang saya lakukan untuk memaksimalkan manfaat social bookmarking lokal, dalam hal ini Lintas Berita, demi meningkatkan traffic blog ini.

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda juga mau berbagi pengalaman menggunakan Lintas Berita sebagai sarana meningkatkan traffic blog Anda. Saya tunggu sharing Anda di kolom komentar. Dan jangan lupa memberikan vote artikel ini melalui widget Lintas Berita di bawah. :)

Selamat mencoba. Happy blogging!