Jumat, Mei 30, 2008

CARA PROMOSI YANG TIDAK EFEKTIF

Ada begitu banyak cara, sarana dan jalan melakukan promosi di Internet. Anda mungkin telah banyak memanfaatkan berbagai macam sarana promosi tersebut. Bijaksanalah memanfaatkan alat promosi online. Biarpun gratis tapi kalau tidak efektif dan menghasilkan, bisa-bisa berarti anda telah menyia-nyiakan waktu, tenaga dan uang untuk biaya akses internet.

Dari penggalaman saya selama ini dalam menjalankan internet marketing, saya telah membuktikan, mengalami dan akhirnya berani menyimpulkan cara-cara promosi online manakah yang efektif dan cara-cara promosi mana yang terbukti tidak efektif.

CARA PROMOSI YANG TIDAK EFEKTIF

#). BANNER IKLAN.
Iklan Banner memang salah satu cara beriklan yang populer dan banyak di pergunakan oleh pebisnis Online. Tapi kenyataan membuktikan bahwa Ratio Klik pada sebuah banner paling besar 1: 70, artinya sebuah banner mendapatkan satu kali klik per 70 kali penampilannya.

Jika anda ingin memanfaatkan banner untuk sarana promosi manfaatkan saja Banner Exchange gratis. Jangan membayar untuk menampilkan banner anda di situs lain karena biaya yang Anda keluarkan tidak akan sebanding dengan jumlah klik atau hits kunjungan yang akan anda dapatkan.

Selain itu kelemahan dari Banner iklan adalah membuat lambatnya loading sebuah situs. Jika anda ikut Banner Exchange lebih baik Anda menempatkan Banner-nya di bagian bawah halaman situs anda. kebanyakan pengunjung situs tidak suka melihat banner banner pada situs yang memperlambat loadingnya halaman situs.

#). SPAM.
Spam atau mengirim e-mail promosi ke alamat e-mail yang tidak menghendakinya merupakan cara promosi yang buruk dan sangat tidak efektif. Tidak peduli berapa banyak alamat e-mail yang bisa dicapai, tapi Spam sangat tidak efektif karena e-mail yang dituju bukanlah e-mail tertarget. Spam sangat di benci oleh para netter.

Selain itu pengirim e-mail Spam akan mendapatkan banyak masalah seperti e-mailnya akan di "black list" dan di block, tidak memiliki kredibilitas, e-mail dan accountnya bisa di cabut jika terjadi banyak komplain yang melaporkannya ke ISP yang bersangkutan. Jika anda mau mempergunakan e-mail marketing pergunakan safelist atau Milis.

Jika nama anda sudah dikenal sebagai seorang tukang Spammer maka kredibilitas anda sudah hancur. Dan jika kredibilitas anda sudah hancur maka siapa yang mau membeli dari anda dan percaya dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

#). IKLAN BARIS.
Memasang Iklan di situs Iklan baris sejujurnya bukan sarana promosi yang efektif. Kenapa ? karena kebanyakan orang yang mengunjungi situs Iklan baris adalah orang yang juga mau memasang iklan di situs iklan baris tersebut. Selain itu hanya dalam hitungan menit Iklan anda akan tergeser posisinya ke bawah dan dalam hitungan jam mungkin tidak lagi kelihatan.

Satu satunya kelebihan Iklan baris adalah karena proses pengaktifannya yang cepat dan tentu saja karena gratis. Jika anda mau memasang Iklan di Iklan baris sebaiknya pilihnya situs Iklan baris yang banyak pengunjungnya. Selain itu pasanglah Iklan anda dengan masa berlaku sebentar saja misalkan tidak lebih dari satu minggu.

Ini dilakukan agar anda bisa memasang iklan yang sama minggu depan dan seterusnya. Cara ini lebih efektif di bandingkan jika anda hanya memasangnya satu kali tapi berlaku untuk dua atau tiga bulan. Ingat bahwa makin lama Iklan anda akan tergeser ke bawah hingga tidak kelihatan lagi.

Memasang iklan di situs Iklan Baris memang gratis sih, tapi coba hitung jika waktu yang anda butuhkan untuk bolak-balik dan berulang-ulang mengunjungi, mengetik dan memposting iklan anda di sebuah situs iklan baris adalah 5 menit, maka berapa lama waktu yang anda perlukan untk memasang iklan di puluhan situs iklan baris. Gratis memang gratis, tapi jika di hitung-hitung ternyata anda telah mengeluarkan banyak tenaga, waktu dan uang untuk biaya lamanya mengakses internet.